Bertemakan makanan sehat. Apabila dikupas dari cakupan materi kurang lebih membahas tentang makanan yang sehat. Tak hanya itu juga membahas tentang organ pencernaan pada hewan dan manusia. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengajak sahabat Pena Pengajar membahas rangkuman materi tema 3 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018.
Bicara tentang rangkuman materi, tentu tak terlepas dari cakupan materi di dalamnya, Untuk materi pokok yang ada di tema 3 kelas 5 sd ini kurang lebih sebagai berikut:
a. PPKn membahas tentang keragaman sosial budaya pada masyarakat.
b. Bahasa Indonesia dengan materi pokok tentang menggali informasi dari iklan dari media cetak dan elektronik serta kata kunci pada iklan.
c. IPA membahas mengenai organ pencernaan pada hewan dan manusia serta makanan yang sehat.
d. IPS membahas tentang bentuk bentuk interaksi sosial manusia dengan lingkungannya.
e. SBdP mempelajari materi tentang tangga nada mayor maupun minor.
Nah, itulah cakupan materi tema 3 kelas 5 untuk kurikulum 2013.
Rangkuman Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat
Sudah dibahas di atas bahwa muatan materi untuk tema 3 ini terdiri dari 5 muatan pelajaran. Dan di tema 3 ini ada 3 subtema, yakni subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan?, subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh, dan subtema 3 pentingnya menjaga asupan makanan sehat. Rasanya tak mungkin kami akan membahas ketiga subtema tersebut dalam satu postingan ini. Untuk itu pada postingan ini kami fokuskan hanya pada subtema 1 saja dulu. Untuk materi kelas 5 tema 3 subtema 2 dan 3 akan kami bahas di postingan selanjutnya.
Rangkuman Tema 3 Kelas 5 revisi 2018
Materi tematik revisi 2018 dengan revisi 2017 memiliki hampir kesamaan. Hanya ada sedikit perbedaan yang ada di dalamnya. Kami rasa, seumpama sahabat mempelajari rangkuman tema 3 kelas 5 revisi 2017 juga tak masalah karena isinya hampir sama. Yuk kita bahas satu persatu materi tersebut ditiap muatan pelajarannya.
Rangkuman materi PPKn tema 3 kelas 5
Menurut kodratnya manusia tercipta sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia disebut makhluk sosial karena tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk itu agar tercipta kerukunan dalam interaksi sosial masyarakat dalam kehidupan sehari hari seharusnya kita saling menghormati dan toleransi.
Beberapa kegiatan di masyarakat yang dapat memupuk persatuan demi terciptanya kerukunan di masyarakat, antara lain:
a. menolong tetangga yang membutuhkan bantuan.
b. ikut serta dalam kegiatan masyarakat, seperti: kerja bakti, ronda malam, dan karang taruna.
c. menghadiri undangan tetangga apabila diundang.
d. saling menghormati antar sesama meskipun berbeda agama, suku dan budaya.
Keberagaman yang ada di Indonesia sebaiknya bukan menjadikan sebagai pemecah belah bangsa. Namun perbedaan tersebut kita anggap sebagai kekayaan bangsa ini. Dengan keragaman tersebut seharusnya membuat kita mau belajar budaya dari daerah lain.
Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Diambil dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki arti walaupun berbeda beda tetap satu jua.
Keberagaman juga bisa menggerakan roda ekonomi. Contohnya dengan keberagaman yang tinggi di lingkungan pasar membuat para penjual dan pembeli di pasar bisa menjajakan dan menawarkan dagangannya.
Dalam keberagaman supaya tidak terpecah belah dan bisa tetap rukun maka perlu adanya tolerasi dan tenggang rasa antar sesama.
Tradisi yang ada di Indonesia;
a. Ngeben : upacara pembakaran mayat di Bali.
b. Napak Siti : tradisi belajar berjalan di Jawa
c. Rambu Solo : upacara pemakaman di tana Taroja .
Alat musik di Indonesia, contohnya:
a. Kolintang : SUlawesi
b. Tifa : Papua
c. Sasando : Nusa Tenggara Timur
d. Angklung : Jawa Barat
Aadat istiadat adalah kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsungcukup lama.
Materi Bahasa Indonesia Tema 3
Iklan adalah informasi yang berisi membujuk orang banyak agar tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.
Unsur unsur iklan antara lain:
a. kalimat deskriptif , yaitu kalimat yang berguna untuk menguraikan spesifikasi dari sebuah barang atau jasa yang diiklankan.
b. kalimat persuasif, yaitu kalimat yang berguna untuk membujuk seseorang untuk membeli atau memakai produk atau jasa yang ditawarkan.
c. perhatian (attention), iklan seharusnya dapat menarik perhatian pembaca atau pemirsa.
d. minat (interest), yakni setelah iklan dapat menarik perhatian maka harus dapat menjadi minat seseorang untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.
e. keinginan (desire), yaitu suatu cara untuk menggerakan dan menggugah keinginan calon konsumen akan produk yang ditawarkan
f. rasa percaya, untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen tentu iklan harus dibuat semenarik mungkin dan bukti dari iklan yang ditawarkan.
g. Action (tindakan) yaitu tindakan calon konsumen membeli atau memakai produk dan jasa yang diiklankan.
Iklan yang baik seharusnya memiliki unsur unsur sebagai berikut
a. nama produk
b. gambar yang menarik
c. kalimat iklan yang pesuasif
d. harga dan keunggulan dari yang diiklankan
e. alamat pengiklan
Kata kunci dalam iklan adalah kata atau serangkaian kata yang menerangkan isi dari sebuah iklan yang ditawarkan.
Ciri ciri kata kunci dalam iklan antara lain:
a. terdapat pada judul iklan
b. kata tersebut disebutkan lebih dari satu kali atau sering disebutkan dalam kalimat iklan
c. bisa diungkapkan dalam sebuah gambar.
Berdasarkan medianya, iklan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
a. iklan cetak, contohnya: koran, majalah, tabloid, surat kabar, buletin.
b. iklan elektronik, contohnya: internet, radio, televisi, aplikasi android.
Kalimat iklan seharusnya menarik, singkat dan jelas serta mengajak pembaca mengikuti yang ditulis atau diiklankan.
Ciri iklan yang baik antara lain:
a. gambar nya menarik dan pewarnaannya juga bagus
b. kalimatnya bersifat mengajak atau persuasif.
c. terdapat kata kunci di dalamnya
d. bersifat komunikatif.
Untuk mengetahui isi dari sebuah iklan kita harus mencari kata kuncinya terlebih dulu.
Tujuan pembuatan iklan antara lain:
a. mengajak masyarakat mau membeli produk yang diiklankan
b. memberitahu masyarakat tentang produk yang diiklankan
Materi IPA kelas 5 Tema 3
Pada tema 3 subtema 1 untuk muatan pelajaran IPA membahas mengenai pencernaan pada hewan, salah satunya hewan ruminansia. Hewan ruminansia adalah hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan mencerna makanan dalam 2 langkah, yakni menelan makanan lalu dikeluarkan lagi lalu dikunyah untuk kedua kalinya, kemudian ditelan lagi. Contoh hewan ruminansia antara lain: sapi, kerbau, kambing, kuda, domba, kelinci, rusa dan jerapah.
Organ pencernaan hewan ruminansia antara lain:
a. Rongga Mulut
Dalam rongga mulut hewan ruminansia umumnya terdiri dari gigi, lidah dan saliva.
1. Gigi
Jenis gigi yang dimiliki oleh hewan ruminansia adalah gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri hewan ruminansia berguna untuk memotong makanan. Sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan sebelum ditelan.
2. Lidah
Lidah pada hewan ruminansia berguna untuk merenggut rumput dan mendorong makanan agar bisa masuk ke lambung.
3. Saliva
Saliva adalah enzim khusus yang dihasilakn oleh kelenjar khusus pada hewan ruminansia yang berguna untuk membantu proses pencernaan, khususnya pencernaan kimiawi.
b. Lambung
lambung sapi dibagi menjadi 4 bagian yakni: rumen, retikulum, omasum dan abomasum.
1. Rumen atau perut besar
Rumen merupakan organ pencernaan yang berguna untuk tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan dari mikroba atau bakteri. Pada saat istirahat hewan ruminansia akan memuntahkan kembali makanan yang telah dikunyahnya lalu dikunyah untuk kedua kalinya. Setelah itu ditelan dan masuk ke perut jala atau retikulum.
2. Retikulum atau perut jala
Retikulum merupakan bagian dari organ pencernaan hewan ruminansia yang berguna mencerna makanan dengan proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa.
3. Omasum atau perut kitab
Di bagian Omasum makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan dan selanjutnya masuk ke perut asam.
4. Abomasum atau perut asam
Pada bagian inilah yang disebut organ lambung yang sebenarnya. Makanan yang ada di dalam abomasum dicerna dengan bantuan enzim pepsin. Setelah makanan melewati abomasum maka makanan tersebut akan masuk ke usus halus yang panjangnya mencapai 40 meter (pada sapi), setelah itu bergerak menuju usus besar dan berakhir di anus.
Sistem Pencernaan Pada Manusia.
Pencernaan manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: pencernakan mekanik dan kimiawi.
Pencernaan mekanik dan mekanis terjadi pada organ rongga mulut dan lambung.
Sistem pencernaan pada manusia sedikit beda dengan yang ada pada hewan ruminansia. Berikut ini organ pencernaan pada manusia, antara lain:
A. Rongga Mulut
Dalam rongga mulut manusia terjadi 2 jenis pencernaan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanik dibantu oleh gigi dan lidah. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan sebuah enzim. Enzim yang ada di rongga mulut manusi berupa enzim ptialin yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.
Dalam pencernaan mekanik di rongga mulut dibantu oleh gigi dan lidah. Secara umum gigi manusia dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:
a. gigi seri berguna untuk memotong makanan.
b. gigi taring berguna untuk merobek makanan.
c. dan gigi geraham berguna untuk mengunyah atau menghaluskan makanan.
Selain dengan gigi, pencernaan mekanik di rongga mulut manusia dibantu dengan lidah. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan lidah pada sistem pencernaan manusia, antara lain:
a. sebagai indra pengecap
b. membantu mengatur letak makanan
c. membantu menelan makanan ke lambung.
B. Kerongkongan
Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Di kerongkongan ini terjadi gerak peristalik yang membantu makanan masuk ke dalam lambung. Gerak peristaltik adalah gerak meremas remas dan mencekik pada dinding kerongkongan.
C. Lambung
Lambung berguna untuk mengaduk makanan. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan juga kimiawi. Pencernan mekanik pada lambung dibantu oleh otot pada dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi pada lambung dibantu oleh enzim, yang di antaranya: enzim pepsin, renin dan asam klorida atau HCl.
a. Enzin pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amini.
b. Renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.
c. enzim HCl atau asam klorida berguna untuk membunuh kuman penyakit yang masuk bersama makanan.
D. Usus Halus
Usus halus manusia terdiri dari 3 bagian yaitu: usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari terjadi pencernaan kimiawi yang dibantu oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu berguna untuk dihasilkan oleh hati. Sedangkan getah pankreas menghasilkan enzim berikut ini:
a. Amilase, enzim yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.
b. tripsin, enzim yang berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino.
c. lipase, enzim yang berguna untuk mengubah lemak menjadi lemak.
Usus halus juga berguna untuk menyerap sari sari makanan yang nantinya diedarkan ke seluruh tubuh.
E. Usus Besar
Usus besar manusia berguna menyerap air dan garam garam mineral. Selain itu usus besar juga berguna untuk membusukkan sisa sisa makanan dengan bantuan bakteri E. colli.
Gejala sakit maag antara lain:
a. perut kembung.
b. rasa mual ingin muntah
c. perut terasa perih.
Penyebab penyakit diare, antara lain:
a. infeksi bakteri dan virus
b. intolerasi makanan atau alergi makanan tertentu
c. karena gangguan usus fungsional (stres).
Cara menjaga organ pencernaan manusia, antara lain:
a. makan makanan yang bergizi
b. menghindari makanan terlalu pedas dan asam
c. jangan telat makan
d. makan makanan yang mengandung cukup serat
Muatan IPS
Muatan SBdP
Muatan PJOK
Komentar
Posting Komentar