Materi kelas 5 Tema 3 subtema 1

Bertemakan makanan sehat. Apabila dikupas dari cakupan materi kurang lebih membahas tentang makanan yang sehat. Tak hanya itu juga membahas tentang organ pencernaan pada hewan dan manusia. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengajak sahabat Pena Pengajar membahas rangkuman materi tema 3 kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018. 

Bicara tentang rangkuman materi, tentu tak terlepas dari cakupan materi di dalamnya, Untuk materi pokok yang ada di tema 3 kelas 5 sd ini kurang lebih sebagai berikut:

a. PPKn membahas tentang keragaman sosial budaya pada masyarakat.

b. Bahasa Indonesia dengan materi pokok tentang menggali informasi dari iklan dari media cetak dan elektronik serta kata kunci pada iklan.

c. IPA membahas mengenai organ pencernaan pada hewan dan manusia serta makanan yang sehat.

d. IPS membahas tentang bentuk bentuk interaksi sosial manusia dengan lingkungannya.

e. SBdP mempelajari materi tentang tangga nada mayor maupun minor.

Nah, itulah cakupan materi tema 3 kelas 5 untuk kurikulum 2013.

 

Rangkuman Tema 3 Kelas 5 Makanan Sehat

Sudah dibahas di atas bahwa muatan materi untuk tema 3 ini terdiri dari 5 muatan pelajaran. Dan di tema 3 ini ada 3 subtema, yakni subtema 1 Bagaimana tubuh mengolah makanan?, subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh, dan subtema 3 pentingnya menjaga asupan makanan sehat. Rasanya tak mungkin kami akan membahas ketiga subtema tersebut dalam satu postingan ini. Untuk itu pada postingan ini kami fokuskan hanya pada subtema 1 saja dulu. Untuk materi kelas 5 tema 3 subtema 2 dan 3 akan kami bahas di postingan selanjutnya.

 

Rangkuman Tema 3 Kelas 5 revisi 2018

Materi tematik revisi 2018 dengan revisi 2017 memiliki hampir kesamaan. Hanya ada sedikit perbedaan yang ada di dalamnya. Kami rasa, seumpama sahabat mempelajari rangkuman tema 3 kelas 5 revisi 2017 juga tak masalah karena isinya hampir sama. Yuk kita bahas satu persatu materi tersebut ditiap muatan pelajarannya.

 

Rangkuman materi PPKn tema 3 kelas 5

Menurut kodratnya manusia tercipta sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Manusia disebut makhluk sosial karena tidak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Untuk itu agar tercipta kerukunan dalam interaksi sosial masyarakat dalam kehidupan sehari hari seharusnya kita saling menghormati dan toleransi.

Beberapa kegiatan di masyarakat yang dapat memupuk persatuan demi terciptanya kerukunan di masyarakat, antara lain:

a. menolong tetangga yang membutuhkan bantuan.

b. ikut serta dalam kegiatan masyarakat, seperti: kerja bakti, ronda malam, dan karang taruna.

c. menghadiri undangan tetangga apabila diundang.

d. saling menghormati antar sesama meskipun berbeda agama, suku dan budaya.

Keberagaman yang ada di Indonesia sebaiknya bukan menjadikan sebagai pemecah belah bangsa. Namun perbedaan tersebut kita anggap sebagai kekayaan bangsa ini. Dengan keragaman tersebut seharusnya membuat kita mau belajar budaya dari daerah lain.

Semboyan bangsa Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika. Diambil dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular. Semboyan Bhineka Tunggal Ika memiliki arti walaupun berbeda beda tetap satu jua.

Keberagaman juga bisa menggerakan roda ekonomi. Contohnya dengan keberagaman yang tinggi di lingkungan pasar membuat para penjual dan pembeli di pasar bisa menjajakan dan menawarkan dagangannya.

Dalam keberagaman supaya tidak terpecah belah dan bisa tetap rukun maka perlu adanya tolerasi dan tenggang rasa antar sesama.

Tradisi yang ada di Indonesia;

a. Ngeben : upacara pembakaran mayat di Bali.

b. Napak Siti : tradisi belajar berjalan di Jawa

c. Rambu Solo : upacara pemakaman di tana Taroja .

Alat musik di Indonesia, contohnya:

a. Kolintang : SUlawesi

b. Tifa : Papua

c. Sasando : Nusa Tenggara Timur

d. Angklung : Jawa Barat

Aadat istiadat adalah kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsungcukup lama.

 

Materi Bahasa Indonesia Tema 3

Iklan adalah informasi yang berisi membujuk orang banyak agar tertarik kepada barang atau jasa yang ditawarkan.

Unsur unsur iklan antara lain:

a. kalimat deskriptif , yaitu kalimat yang berguna untuk menguraikan spesifikasi dari sebuah barang atau jasa yang diiklankan.

b. kalimat persuasif, yaitu kalimat yang berguna untuk membujuk seseorang untuk membeli atau memakai produk atau jasa yang ditawarkan.

c. perhatian (attention), iklan seharusnya dapat menarik perhatian pembaca atau pemirsa.

d. minat (interest), yakni setelah iklan dapat menarik perhatian maka harus dapat menjadi minat seseorang untuk membeli atau memakai barang atau jasa yang ditawarkan.

e. keinginan (desire), yaitu suatu cara untuk menggerakan dan menggugah keinginan calon konsumen akan produk yang ditawarkan

f. rasa percaya, untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen tentu iklan harus dibuat semenarik mungkin dan bukti dari iklan yang ditawarkan.

g. Action (tindakan) yaitu tindakan calon konsumen membeli atau memakai produk dan jasa yang diiklankan.

Iklan yang baik seharusnya memiliki unsur unsur sebagai berikut

a. nama produk

b. gambar yang menarik

c. kalimat iklan yang pesuasif

d. harga dan keunggulan dari yang diiklankan

e. alamat pengiklan

Kata kunci dalam iklan adalah kata atau serangkaian kata yang menerangkan isi dari sebuah iklan yang ditawarkan.

 

Ciri ciri kata kunci dalam iklan antara lain: 

a. terdapat pada judul iklan

b. kata tersebut disebutkan lebih dari satu kali atau sering disebutkan dalam kalimat iklan

c. bisa diungkapkan dalam sebuah gambar.

Berdasarkan medianya, iklan dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:

a. iklan cetak, contohnya: koran, majalah, tabloid, surat kabar, buletin.

b. iklan elektronik, contohnya: internet, radio, televisi, aplikasi android.

Kalimat iklan seharusnya menarik, singkat dan jelas serta mengajak pembaca mengikuti yang ditulis atau diiklankan.

 

 

Ciri iklan yang baik antara lain:

a. gambar nya menarik dan pewarnaannya juga bagus

b. kalimatnya bersifat mengajak atau persuasif.

c. terdapat kata kunci di dalamnya

d. bersifat komunikatif.

Untuk mengetahui isi dari sebuah iklan kita harus mencari kata kuncinya terlebih dulu.

Tujuan pembuatan iklan antara lain:

a. mengajak masyarakat mau membeli produk yang diiklankan

b. memberitahu masyarakat tentang produk yang diiklankan

Materi IPA kelas 5 Tema 3

Pada tema 3 subtema 1 untuk muatan pelajaran IPA membahas mengenai pencernaan pada hewan, salah satunya hewan ruminansia. Hewan ruminansia adalah hewan yang memakan tumbuh tumbuhan dan mencerna makanan dalam 2 langkah, yakni menelan makanan lalu dikeluarkan lagi lalu dikunyah untuk kedua kalinya, kemudian ditelan lagi. Contoh hewan ruminansia antara lain: sapi, kerbau, kambing, kuda, domba, kelinci, rusa dan jerapah.

Organ pencernaan hewan ruminansia antara lain:

a. Rongga Mulut

Dalam rongga mulut hewan ruminansia umumnya terdiri dari gigi, lidah dan saliva.

1. Gigi

Jenis gigi yang dimiliki oleh hewan ruminansia adalah gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri hewan ruminansia berguna untuk memotong makanan. Sedangkan gigi geraham untuk mengunyah makanan sebelum ditelan.

2. Lidah

Lidah pada hewan ruminansia berguna untuk merenggut rumput dan mendorong makanan agar bisa masuk ke lambung.

3. Saliva

Saliva adalah enzim khusus yang dihasilakn oleh kelenjar khusus pada hewan ruminansia yang berguna untuk membantu proses pencernaan, khususnya pencernaan kimiawi.



b. Lambung

lambung sapi dibagi menjadi 4 bagian yakni: rumen, retikulum, omasum dan abomasum.

1. Rumen atau perut besar

Rumen merupakan organ pencernaan yang berguna untuk tempat terjadinya pencernaan dengan bantuan dari mikroba atau bakteri. Pada saat istirahat hewan ruminansia akan memuntahkan kembali makanan yang telah dikunyahnya lalu dikunyah untuk kedua kalinya. Setelah itu ditelan dan masuk ke perut jala atau retikulum.

2. Retikulum atau perut jala

Retikulum merupakan bagian dari organ pencernaan hewan ruminansia yang berguna mencerna makanan dengan proses fermentasi dengan bantuan bakteri anaerob dan protozoa.

3. Omasum atau perut kitab

Di bagian Omasum makanan dicerna dengan bantuan enzim pencernaan dan selanjutnya masuk ke perut asam.

 

 

4. Abomasum atau perut asam

Pada bagian inilah yang disebut organ lambung yang sebenarnya. Makanan yang ada di dalam abomasum dicerna dengan bantuan enzim pepsin. Setelah makanan melewati abomasum maka makanan tersebut akan masuk ke usus halus yang panjangnya mencapai 40 meter (pada sapi), setelah itu bergerak menuju usus besar dan berakhir di anus.

 

Sistem Pencernaan Pada Manusia.

Pencernaan manusia dibedakan menjadi 2 macam, yaitu: pencernakan mekanik dan kimiawi.

Pencernaan mekanik dan mekanis terjadi pada organ rongga mulut dan lambung.

Sistem pencernaan pada manusia sedikit beda dengan yang ada pada hewan ruminansia. Berikut ini organ pencernaan pada manusia, antara lain:

A. Rongga Mulut

Dalam rongga mulut manusia terjadi 2 jenis pencernaan, yaitu pencernaan mekanik dan pencernaan kimiawi. Pencernaan mekanik dibantu oleh gigi dan lidah. Sedangkan pencernaan kimiawi dibantu dengan sebuah enzim. Enzim yang ada di rongga mulut manusi berupa enzim ptialin yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.

Dalam pencernaan mekanik di rongga mulut dibantu oleh gigi dan lidah. Secara umum gigi manusia dibedakan menjadi 3 macam, yaitu:

a. gigi seri berguna untuk memotong makanan.

b. gigi taring berguna untuk merobek makanan.

c. dan gigi geraham berguna untuk mengunyah atau menghaluskan makanan.

Selain dengan gigi, pencernaan mekanik di rongga mulut manusia dibantu dengan lidah. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan lidah pada sistem pencernaan manusia, antara lain:

a. sebagai indra pengecap

b. membantu mengatur letak makanan

c. membantu menelan makanan ke lambung.

B. Kerongkongan

Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan antara rongga mulut dengan lambung. Di kerongkongan ini terjadi gerak peristalik yang membantu makanan masuk ke dalam lambung. Gerak peristaltik adalah gerak meremas remas dan mencekik pada dinding kerongkongan.

C. Lambung

Lambung berguna untuk mengaduk makanan. Di dalam lambung terjadi pencernaan mekanik dan juga kimiawi. Pencernan mekanik pada lambung dibantu oleh otot pada dinding lambung. Sedangkan pencernaan kimiawi pada lambung dibantu oleh enzim, yang di antaranya: enzim pepsin, renin dan asam klorida atau HCl.

a. Enzin pepsin berguna untuk mengubah protein menjadi asam amini.

b. Renin berguna untuk mengendapkan protein susu menjadi kasein.

c. enzim HCl atau asam klorida berguna untuk membunuh kuman penyakit yang masuk bersama makanan.

D. Usus Halus

Usus halus manusia terdiri dari 3 bagian yaitu: usus dua belas jari, usus kosong dan usus penyerap. Di dalam usus dua belas jari terjadi pencernaan kimiawi yang dibantu oleh getah empedu dan getah pankreas. Getah empedu berguna untuk dihasilkan oleh hati. Sedangkan getah pankreas menghasilkan enzim berikut ini:

a. Amilase, enzim yang berguna untuk mengubah zat tepung menjadi zat gula.

b. tripsin, enzim yang berguna untuk mengubah protein menjadi asam amino.

c. lipase, enzim yang berguna untuk mengubah lemak menjadi lemak.

Usus halus juga berguna untuk menyerap sari sari makanan yang nantinya diedarkan ke seluruh tubuh.

E. Usus Besar

Usus besar manusia berguna menyerap air dan garam garam mineral. Selain itu usus besar juga berguna untuk membusukkan sisa sisa makanan dengan bantuan bakteri E. colli.

Gejala sakit maag antara lain:

a. perut kembung.

b. rasa mual ingin muntah

c. perut terasa perih.

Penyebab penyakit diare, antara lain:

a. infeksi bakteri dan virus

b. intolerasi makanan atau alergi makanan tertentu

c. karena gangguan usus fungsional  (stres).

Cara menjaga organ pencernaan manusia, antara lain:

a. makan makanan yang bergizi

b. menghindari makanan terlalu pedas dan asam

c. jangan telat makan

d. makan makanan yang mengandung cukup serat

 

Muatan IPS

Untuk muatan IPS ini membahas tentang interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan hubungan sosial yang menyangkut hunungan antarindividu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok. Tanpa ada interaksi sosial maka tak akan ada kehidupan bersama. Selain interaksi sosial juga terdapat interaksi manusia dengan alam, di antaranya:

a. manusia mengolah tanah pertanian untuk mendapatkan hasil pertanian, seperti padi, palawija dan holtikultura.

b. manusia menanam pohon dihutan selain sebagai paru paru dunia juga untuk bahan baku industri.

 

Muatan SBdP

Dalam subtema 1 ini membahas tentang tangga nada. Tangga nada dibedakan menjadi 2 macam:

a. Tangga nada Mayor, dengan ciri ciri:

1. lagunya bersifat riang gembira

2. terdengar lebih semangat

3. umumnya diawali dan diakhiri dengan nada do.

b. Tangga nada Minor. dengan ciri ciri:

1. lagunya bersifat sedih

2. terdengar kurang semangat

3. umunya di awali dan diakhiri dengan nada la.

Contoh lagu dengan tangga nada mayor antara lain: Hari Merdeka, Halo Halo Bandung, Maju Tak Gentar, Garuda Pancasila.

Contoh lagu dengan tangga nada minor antara lain: syukur, Mengheningkan Cipta, Gugur Bunga.

Yang termasuk alat musik ritmis adalah simbal, drum, castanyet

Yang termasuk alat musi melodis : piano, recorder, dan gitar.

Pola lantai adalah garis yang dibentuk atau dilalui para penari yang sedang melakukan gerak tari.

pola lantai sangat penting dilakukan pada tarian berkelompok.

Jenis pola lantai dan contohnya:

Diagonal : serimpi

vertikal : yospan dan gending sriwijaya

melengkung : tari pendet

Melingkar : tari kecak.

 

Muatan PJOK

Dalam permaianan bola kasti terdapat 2 regu, yaitu:

a. regu pemukul, sering disebut pemain utama.

b. regu penjaga, bertugas sebagai penjaga pengumpan dan penyerang.

Peralatan pada permainan bola kasti, antara lain;

a. tiang hinggap

b. pemukul atau bet.

c. bola

Teknik dasar dalam permainan bola kasti, antara lain:

a. berlari

b. melempar

c. memukul

Alat pemukul pada permainan tenis meja disebut bat.

Teknik memukul pada tenis meja:





Jenis pukulan pada tenis meja, antara lain:

a. push

b. chop

c. drive

d. blok

e. spin

f. lob

g. smash

Jika pada permainan tenis meja yus, maka yang dikatakan selesai jika memiliki selisih nilai sebanyak 2 poin.

Ukuran lapangan softball, berbentuk segilima dengan panjang sekitar 18 meter.

 

Komentar